SMKN 2 Kota Bekasi, SMK Negeri 2 Kota Bekasi
Unggul Berkarakter Berwawasan Global
(021) 82597121

Teknik Komputer dan Jaringan

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN2 Kota Bekasi, atau biasa disebut TKJ.Merupakan salah satu jurusan tertua di SMK Negeri 2 Kota Bekasi.Semenjak Awal berdirinya SMKN2 Kota Bekasi hanya ada 2 Jurusan, yaitu Teknik Elektronika Industri dan Teknik Komputer dan Jaringan.

Memahami TKJ

TKJ atau Teknik Jaringan Komputer merupakan program keahlian jurusan di tingkat sekolah SMK atau STM. Sesuai dengan namanya Teknik Komputer dan Jaringan sekitar 80% materi yang Teknik yang di ajarkan kepada siswa TKJ adalah tentang Jaringan Komputer. Sedangkan tambahannya adalah program atau keterampilan, keterampilan, sikap agar mereka optimal dalam merakit, memasang, dan memperbaiki Komputer.

Mungkin sebagian dari kita masih bingung dan bertanya-tanya tentang jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan), terutama bagi temen temen  yang baru lulus SMP/MTs, dan ingin melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Nah itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon siswa SMK baru yang masih bingung dengan TKJ.

Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah jurusan di SMK/STM yang mempelajari seluk-beluk dunia komputer dan jaringan komputer, mulai dari cara install OS (Operating System), menangani masalah PC, memperbaiki PC, membuat jaringan LAN atau lainnya, membuat WEB, dan banyak lagi.

Saat ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat diminati/banyak peminatnya,walaupun ada pesaing dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

Apa Saja Materi Jurusan TKJ?

TKJ tidak lepas dari pelajaran perakitan komputer. Merakit komputer membutuhkan pengetahuan dan tidak boleh sembarangan. Jurusan TKJ membahas tentang komponen-komponen penyusun komputer, cara merakit komputer yang baik dan benar, mengkonfigurasi komponen komputer dan terakhir menguji hasil perakitan.

Setelah dirakit, Departemen TKJ mempelajari Sistem Operasi. Setelah siswa merakit, langkah selanjutnya adalah menginstal Sistem Operasi. Pembelajaran sistem operasi meliputi pengembangan sistem operasi, arsitekturnya, partisi harddisk, instalasi sistem operasi, hingga pengelolaan sistem operasi agar dapat digunakan oleh pengguna.

Selain membahas komputer, Jurusan TKJ juga membahas tentang networking. Berhasil merakit dan menginstal sistem operasi, siswa diajarkan tentang membuat jaringan. Mahasiswa mempelajari berbagai jaringan komputer, memahami referensi OSI, membuat jaringan dengan berbagai topologi, mempelajari TCP, setting IP Address, membangun jaringan lokal, dan membangun jaringan server.

Jurusan TKJ membahas lebih mendalam sistem operasi jaringan, mulai dari menyusun kebutuhan server, merakit server, memasang sistem operasi jaringan untuk server, mengadministrasikan server jaringan, melakukan backup dan restore server, hal-hal yang berkaitan dengan manajemen, troubleshooting server, dan membuat layanan jaringan seperti Server DNS, server DHCP, dan lain-lain.

Peluang Kerja Utama Komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin signifikan dan banyak perusahaan yang sudah menggunakan teknologi terkini untuk mempermudah atau mengoptimalkan kinerja suatu perusahaan, dan semua teknologi tersebut tidak luput dari komputer.

Nah bagi yang jurusan ilmu komputer memiliki peluang bisnis atau kerja yang sangat luas, apa saja yang prospek jurusan computer?

Teknisi Komputer

Teknisi komputer merupakan profesi yang sangat dibutuhkan mengingat saat ini hampir semua sektor pekerjaan menggunakan komputer dan komputer tersebut membutuhkan teknisi untuk perawatan dan perbaikan.

Materi ini didapatkan pada tingkat X(sepuluh)yang dipelajari adalah Komponen computer,cara merakit,dan cara menginstall OS.

 

Desainer Grafis

Jika Anda memiliki minat dalam desain grafis dan memutuskan untuk mengambil jurusan perguruan tinggi, ada baiknya untuk menyelesaikan pertimbangan Anda.  desainer grafis. Bidang pekerjaannya adalah membuat visual yang menarik dari konten.

Administrasi Server

Tugas administrasi server atau admin server adalah mengawasi, mengelola, dan mengamankan komputer server. Tata cara penggunaan komputer server sendiri tentunya berbeda dengan komputer biasa.

Teknisi Jaringan

Hampir disemua bidang industry maupun pemerintahan, semua memanfaatkan Jaringan Komputer, baik Lokal maupun interlocal.Lulusan TKJ dapat menjadi teknisi jaringan dengan menguasai materi materi jaringan.